RSS

TEMA 6 SUB TEMA 2 ( MERAWAT HEWAN DI SEKITARKU)


JUM AT  ,14 PEBRUARI 2020
BAHAN AJAR
Kelas                                                     : II
Semester                                            : II
Tema                                                     : 6 ( MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN )
Sub tema                                             : 2 ( Merawat Hewan di Sekitarku    )
Pembelajaran                                    :  6
Mate pelajaran                                 : Bahasa Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu                                    : 1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.7.  Mencermati  tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan hurup kapital  ( awal kalimat , nama orang , nama bulan dan hari) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya.
Matematika
3,6. Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak) ,berat ,dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.2   Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
SBDP
3.1 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
G TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan membaca i teks dalam tulisan tegak bersambung , siswa dapat menemukan penggunaan   hurup kapital dalam tulisan  tegak bersambung dengan benar.
2. Dengan berdiskusi tentang teks berat benda siswa dapat membaca ukuran berat benda.
3.Dengan menulis kegiatan sehari hari disekolah , siswa dapat mengungkapkan hal hal yang boleh dilakukan disekolah.
4. Dengan memperhatikan gambar , siswa dapat menirukan gerakan  hewan.
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan aturan dan tata tertib..
Siswa  diarahkan untuk mengukur  berat  benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 6 ( MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN )
ALAT UKUR TIMBANGAN




Berat 1 kilogram = 1.000 gram
 Berat 1 kilogram = 10 ons
 Berat 1 ons = 100 gram
Pada alat timbangan tersebut, tertulis huruf G, KG, dan Ons G berarti gram KG berarti kilogram Gram, kilogram, dan ons merupakan satuan baku untuk mengukur berat.
Timbanglah bahan-bahan makanan yang ada di dapur, misalnya gula, tepung, telur, dan beras. Mintalah bantuan orang tua membantu membacakan berat bahan makanan yang tertera pada alat timbangan
Bacalah percakapan berikut.
 Pada waktu istirahat, Siti, Dayu, dan Beni bermain di lapangan.
 Di dekat lapangan, ada kolam ikan kecil.
 Siti dan Dayu sedang mengobrol, sedangkan Beni melihat ikan di dalam kolam. 96 Buku Siswa SD/MI Kelas II Siti : Aku senang sekali belajar tentang peraturan yang ada di sekolah. Jadi, aku makin tahu hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
Dayu : Betul sekali, Siti.
 Beni : Selain itu, aku juga suka belajar cara memelihara hewan di sekitar kita. Jadi, kita tidak boleh menyakiti hewan.
 Dayu : Aku juga setuju denganmu, Beni. Ikan di kolam ini juga harus dirawat. (tiba-tiba Edo lewat dan membuang sampah ke kolam ikan)
Beni : Edo, kenapa kamu membuang sampah ke kolam? Itu namanya melanggar peraturan.
Edo : Oh iya, aku lupa. Baiklah akan aku ambil lagi sampahnya. Maafkan aku, teman-teman. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman sebangkumu.

1. Saat meniru gerakan kelinci tangan kita berperan sebagai…
A. kaki depan
B. kaki belakang
C. ekor
2. Meniru gerakan kelinci melompat ke depan sebanyak …
A. 3 kali
B. 4 kali
C. 5 kali
3. Meniru kepakan sayap burung dilakukan … kali hitungan.
A. 4
B. 6
C. 8
4. Setiba di sekolah Budi memberi … kepada Bapak/Ibu gurunya
A. uang
B. salam
C. nasehat
5. Tata tertib di sekolah untuk …
A. dipajang
B. ditaati
C. dilanggar
6. Petugas piket harus datang … daripada teman yang lain
A. lebih awal
B. sama
C. lebih terlambat
8. Saat mengikuti upacara bendera jangan lupa memakai … sebagai penutup kepala.
A. caping
B. helm
C. topi
9. Nasehat guru harus kita…
A. abaikan
B. laksanakan
C. ingat saja
10. Saat berkunjung ke perpustakaan sekolah kita tidak boleh …
A. membuat gaduh
B. meminjam buku

C. mengembalikan buku

1 komentar:

Mama aisha mengatakan...

Nomer 7 tidak ada ya bu tri..

Posting Komentar