RSS

TEMA 4 SUB TEMA 4 (Merawat Tumbuhan)


Selasa, 25 Februari 2020
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : II
Tema               : VI / Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema          : IV / Merawat Tumbuhan
Pembelajaran   : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dalam kalimat tanya dengan benar.
2.        Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.        Dengan membaca teks yang memuat ukuran berat benda, siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda yang lain dengan benar.
4.        Dengan membaca teks yang memuat ukuran berat benda, siswa dapat membandingkan berat dua benda dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.         Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
2.         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
3.         Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
4.         Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
5.         Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
6.         Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
7.         Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
8.         Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
9.         Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Materi Pembelajaran
Kata Tanya
Penulisan kalimat tanya biasa diawali dengan kata tanya.
Penulisan kalimat tanya selalu diakhiri dengan tanda tanya (?).
Intonasi dalam kalimat tanya berbeda dengan kalimat pemberitahuan.

Tanaman harus diberi pupuk supaya tanaman tumbuh subur.
Pupuk mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman.
Tanaman tidak cukup dipupuk saja, tanaman juga membutuhkan air.
Oleh karena itu, kita harus menyiram tanaman setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar