RSS

TEMA 5 SUB TEMA 3 (PENGALAMANKU DI TEMPAT BERMAIN)


JUM AT  ,  24  JANUARI 2020
MATERI AJAR
Kelas                                     :II
Semester                            :II
Tema                                     : 5(Pengalamanku)
Sub tema                             :2(Pengalamanku di tempat bermain )
Pembelajaran                    : 6
Fokus pembelajaran       : Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu                   :1x pertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan memperhatikan  pembacaan  teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3Dengan mengamati gambar ,siswa dapat mengkur benda yang ada di rumah.
4. Dengan mengamati teks lagu  “NYIUR HIJAU“ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.       BUKU TEMA  V “PENGALAMAN “
2.       ALAT METERAN

Sebutkan alat ukur panjang yang lainnya.
Beni mengukur panjang sebuah benda . Beni mengukur menggunakan penggaris lebih dariu satu dari satu kali. Beni juga dapat  menggunakan meteran . meteran untuk mengukur benda yang panjangya  melebihi penggaris.
Judul : Nyiur Hijau
Pencipta : R. Maladi
Golongan : Lagu Wajib Nasional
Lirik
Nyiur hijau
Di tepi pantai
Siar siur
Daunnya melambai
Padi mengembang
Kuning merayu
Burung burung
Bernyanyi gembira
Tanah airku
Tumpah darahku
Tanah yang subur
Kaya makmur
Tanah airku
Tumpah darahku
Tanah yang kaya
Permai nyata
Arti dan Makna (Kosakata)
1.    Merayu artinya: menarik, memikat hati
2.    Nyiur artinya: kelapa
3.    Siar siur artinya: mendesing-mendesing (tentang angin)
4.    Makmur artinya: serba kecukupan, tidak kekurangan
5.    Permai artinya: indah

CONTOH SOAL
 1.Pintu di rumah Sandi panjangnya adalah 2 m. 2 m sama dengan ….
2. Rumah Santika lebarnya adalah 15 m. Lebar rumah Santika sama dengan ….
3. Halaman di sekolah memiliki panjang  2.000 cm. Panjang halaman tersebut sama dengan ….
4.  Lebar kamar Atik adalah 300 cm. Lebar kamar Atik sama dengan ….
5. Dendi mempunyai tongkat sepanjang 2 m dan Bayu mempunyai tongkat sepanjang 100 cm. Jadi tongkat milik Dendi …. dari milik Bayu.
6. Apa artinya nyiur?
8.Apa artinya merayu?
7.Apa artinya siar siur?
9. Apa artinya permai?...
. 10.Apa artinya makmur?



















































































































0 komentar:

Posting Komentar