RSS

TEMA 5 SUB TEMA 3 ( PENGALAMANKU DI SEKOLAH)

KAMIS    ,  23  JANUAR  I2020
MATERI AJAR
Kelas                                     :II
Semester                            :II
Tema                                     : 5(Pengalamanku)
Sub tema                             :2(Pengalamanku di Tempat bermain )
Pembelajaran                    : 5
Fokus pembelajaran       : Bahasa Indonesia,   PKN
Alokasi Waktu                   :1x pertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
PKN
3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan memperhatikan  pembacaan  teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia .
2.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.

SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.       BUKU TEMA  V “PENGALAMAN “
GAMBAR BURUNG GARUDA



Beni dan teman temannya akan belajar pkn.

Satu kelas Bwni akan belajar musyawarah.

Musyawarah untuk mencapai muwakat .

Beni dan teman temannya perlu semangat kekeluargaan .

Ternyata , musyawarah untuk memilih ketua kelas.

. Pemungutan Suara

Ketua kelas dan pengurus kelas lainnya dapat dipilih secara langsung. Pemilihan pengurus kelas dilakukan oleh seluruh anggota kelas.

Langkah pertama adalah pengajuan calon ketua kelas.

Langkah kedua, para calon dipilih oleh semua anggota kelas. Pemilihan dapat

dilakukan dengan cara menuliskan

Langkah ketiga, penghitungan suara. Kertas dikumpulkan dan dihitung. Nama calon yang paling banyak dipilih oleh anggota kelas menjadi ketua kelas.

Langkah keempat, ketua kelas menunjuk para pembantunya. Mereka meliputi wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi. nama calon di kertas.

PUISI ANAK “ PAMAN DATANG “

Kemarin paman datang,

pamanku dari desa

.Dibawakannya rambutan,pisang

Dan sayur mayur segala rupa

Bercrita paman tentang ternaknya

Berkembang biak semua
Padaku,paman berjanji

Mengajak libur didesa

Hatiku girang tidak terperi

Terbayang sudah aku disana

Mandi disungai,turun kesawah

Menggiring kerbau kekandang

SOAL LATIHAN
1.    Apa lambang negara kita?
2.    Apa artinya musyawarah?
3.    Musyawarah merupakan pengamalan sila ke....
4.    Apa bunyi sila ke empat?
5.    Apa lambang sila ke empat?
6.    Apa judul puisi di atas?
7.    Apa artinya menggiring?
8.    Apa artinya sawah?
9.    Apa artinya desa?

10.  Apa artinya girang?

















0 komentar:

Posting Komentar