RSS

MATERI AJAR 11 SEPTEMBER 2019

MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran   : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda pada ayunan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar menggunakan ejaan (EYD) dengan tepat.
2.        Dengan mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan kotak tisu, siswa dapat membuat karya hiasan kotak tisu dengan bahan alami dengan percaya diri.
3.        Dengan menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan cermat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
2.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
3.        Menjelaskan cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan.
4.        Membuat karya hiasan dengan bahan alami.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Gambar siswa bermain ayunan
·           Gambar benda-benda yang ada pada ayunan
·           Gambar kotak tisu yang sudah dihias dengan pasir dua warna.
·           Gambar dan teks percakapan tentang membagi berturut-turut tiga bilangan.

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah bagian-bagian ayunan di bawah ini!
.
Keragaman Benda pada Ayunan
Alat dan bahan: Tali ayunan, tempat duduk ayunan, dan tiang ayunan.
Petunjuk:
1. Amatilah alat dan bahan satu persatu!
2. Isilah titik-titik di bawah!

SBdP
Buatlah kotak tisu dari kertas karton. Caranya mudah. Buat pola hias kotak tisu dengan pensil. Sediakan lem, pasir warna terang, dan pasir warna gelap. Olesi bagian luar kotak tisu dengan lem. Taburkan pasir di seluruh bagian terluar kotak tisu. Kreasikan antara pasir warna terang dan pasir warna gelap. Selamat mencoba!
 



Matematika





0 komentar:

Posting Komentar