RSS

BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 4 PB 4

Rabu, 4 September 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran   : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda dalam permainan perosotan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan disiplin.
2.        Dengan mengerjakan latihan tentang pembagian siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
3.        Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan kartu ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahan alami dengan disiplin.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya.
2.        Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami.
3.        Membuat karya hiasan dengan bahan alami.
4.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Gambar bermain Perosotan
·           Gambar keberagaman benda pada permainan perosotan
·           Gambar 2 kartu ucapan selamat ulang tahun

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Apa yang sedang dilakukan Beni? Pernahkah kamu melakukan permainan yang dilakukan Beni dan kawan-kawannya?
Amatilah gambar di bawah! Ceritakanlah ciri-ciri benda tersebut!
SBdP
Pernahkah kamu membuat karya hiasan? Pernahkah kamu menggunakan bahan alami?
Perhatikan langkah-langkah berikut!
1. Sediakan alat dan bahan seperti: biji saga, kertas karton, lem, dan biji-bijian lain yang kamu butuhkan untuk variasi.

2. Buat pola yang kamu inginkan dengan pensil.
3. Tempelkan biji ke karton menggunakan lem.
4. Keringkan bila sudah selesai.
5. Selamat mencoba.

Matematika

0 komentar:

Posting Komentar