RSS

Tema 2 Sub Tema 4 PB 4 dan 5

 



Selamat pagi anak yan cantik dan ganteng sholih dan sholiha kelas 3A. 

Bagaimana kabar ananda semua semoga kalian sehat dan selalu dalam lindungan Alloh aamiin  .

Oh iya, Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan pembelajaran ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. dan jangan lupa mengisi abasen di bawah ini👇

                          ABSEN KELAS 3 A

Tema  2                    :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Subtema  4              :  Menyayangi Hewan

Pembelajaran         : 4 dan 5

Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat hewan.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan jenis profesi berdasarkan peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat (pelajar, karyawan, ilmuan, dokter, nelayan dll) sebagai wujud pengamalan sila pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila” dengan benar.
3.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan tugas dari profesi sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila” dengan baik.
4.      Dengan kegiatan review, siswa dapat menentukan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 dan 1/4    sesuai dengan gambar.
5.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat membuat daftar tugas individu berdasarkan peran-perannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”. 
6.      Dengan membaca teks dongeng, siswa dapat menjelaskan tokoh yang terdapat dalam dongeng secara tertulis dengan tepat.

Anak – anak tahukah Kalian hewan peliharaan lainnya selain anak ayam seperti yang di rawat oleh Udin pada pembelajaran sebelumnya? Ya, ikan. Ikan juga merupakan hewan peliharaan yang bisa untuk kesenangan juga bisa untuk di ternak sebagai bahan makanan Ikan juga ada yang dipelihara untuk kesenangan. Sama seperti kegiatan Beni di bawah ini mari kita pelajari bersama – sama.

Berikut Contoh cerita berdasarkan gambar diatas

Beni Memelihara Ikan

Suatu hari, Beni pergi ke toko ikan. Ia ingin memelihara ikan di rumah. Beni pun membeli empat ekor ikan hias.

Sepulang dari toko ikan, Beni langsung memasukkan ikan tersebut ke dalam akuarium. Ia juga meletakkan beberapa hiasan berupa bebatuan dan tumbuhan di dalam akuarium agar terlihat lebih menarik.

Setiap hari, Beni memberi makan ikan hias tersebut. Ikan diberi makan berupa pelet. Pemberian makanan ikan dilakukan secara teratur.

Setiap seminggu sekali, Beni juga mengganti air dalam akuarium dengan air bersih. Biasanya setelah beberapa hari air dalam akuarium terlihat keruh akibat kotoran ikan. Dengan air yang bersih, ikan dapat hidup dengan sehat.

Beni suka memelihara ikan.

Ikan dipelihara dalam akuarium.


Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan
1. Pilihlah akuarium atau kolam sesuai jumlah ikan.

2. Makanan untuk ikan, harus diberikan secara teratur dan tepat jumlahnya agar akuarium tidak mudah kotor karena sisa makanan.

3. Mengganti air dalam akuarium selama 1 bulan sekali. Namun jangan mengganti air secara langsung. Hal ini dapat membuat ikan kaget karena harus beradaptasi dengan air baru lagi.

4. Perhatikan suhu karena perubahan suhu juga dapat merusak kehidupan di dalam akuarium. Jangan letakkan akuarium di dekat jendela yang banyak terkena sinar matahari atau di samping pemanas.

5. Perhatikan jenis ikan dan air yang dipakai. Bila ingin memelihara ikan laut, maka jenis air yang dipakai adalah air laut. Begitu juga bila ingin memelihara ikan air tawar.

6. Jika keadaan kolam sudah keruh dan kotor, maka harus segera diganti dengan air yang baru.
7. Ikan yang tidak sehat harus segera dipisahkan dari akuarium agar tidak menular kepada ikan lainnya.

 

Ayo Menulis

Tahukah kamu apa sebutan untuk orang yang  profesinya menangkap ikan?

Nelayan adalah panggilan terhadap orang yang bekerja menangkap ikan setiap hari. Mereka biasanya tinggal di daerah pesisir pantai. Nelayan menggunakan jaring untuk menangkap ikan di laut. Lalu menjual hasil tangkapannya kepada pedagang ikan.

Apa saja profesi yang ada pada gambar tersebut?

Tuliskan profesi yang kamu temui pada gambar dan jelaskan!

1. Nama profesi: Nelayan

Pekerjaan: Mencari ikan

2. Nama profesi: Pedagang ikan

Pekerjaan: Menjual ikan hasil tangkapan nelayan


Menangkap ikan sebaiknya menggunakan jaring agar hanya ikan besar saja yang tertangkap. 

Orang yang tidak menyanyangi hewan laut, terkadang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak, akan merusak makhluk laut lainnya dan menangkap ikan yang masih kecil.

Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan. Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berbaris, mengendarai sepeda, dan menari. Kita dapat melihat hewan -hewan yang terlatih itu dalam sebuh pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak, hewan buas pun dilatih agar bisa ikut pertunjukan.

Dalam sebuah kelompok sirkus, hewan-hewan dilatih dan dirawat dengan baik. Selain dilatih, hewan-hewan tersebut juga diberi makanan dan dibersihkan badannya dengan teratur. Para pelatih sangat menyayangi hewan-hewan asuhannya.

Petugas sirkus sedang mempersiapkan makanan untuk hewan pemakan daging. Petugas memotong daging menjadi 8 bagian sama besar.




Coba Kalian buka buku tema 2 halaman 197 dan bacalah dongeng “Si Kancil Dan Buaya”!

Bagaimana setelah mempelajari materi diatas semoga dapat kalian pahami ya nak! jika ada pertanyaan dapat kalian kirimkan pertanyaannya di grup WA. Berikut adalah tugas kalian :

Soal Latihan
1.      Jika memelihara ikan laut maka jenis air yang digunakan adalah . . .
2.      Selain profesi nelayan dan pedagang ikan yang sesuai berdasarkan gambar berikut:    

       Jenis profesi dan pekerjaan apa lagi yang sesuai gambar di atas?
3.     Seorang petugas sirkus, mempersiapkan makanan untuk hewan-hewan peliharaannya. Petugas              tersebut memotong daging menjadi 15 bagian yang sama besar. 7 bagian diberikan untuk beruang. 6       bagian diberikan untuk harimau. Sisanya mereka berikan untuk singa.
      Tuliskan bilangan pecahan untuk bagian daging yang dimakan hewan-hewan tersebut.
        1. Bagian daging yang dimakan harimau adalah....
        2. Bagian daging yang dimakan beruang adalah...
        3. Bagian daging yang dimakan singa adalah....
4.      Sebutkan tokoh yang ada dalam cerita dongeng dan sifatnya!

Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugas videonya kepada bu Guru agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian! 
Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.




























9 komentar:

Asyfa Dzakira Nafasya (Ara) mengatakan...

Assallamuallaikum bu...
Asyfa Dzakira Nafasya
Kelas 3A
No. Absen 6
Hadir
Terima kasih 🙏

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum
Ghania anindya kurniawan
Kelas 3A
No absen 9
Hadir

Bunda Zahidan mengatakan...

Assalamualaikum Bu
Zahidan Hafiz Al-Ghiffari
Kelas 3A
No Absen 27
Hadir

Cia mengatakan...

Assalamualaikum Bu guru
Alicia Putri kls 3A
No absen 02
Ket. Hadir

Fachri Andrisan Prayata mengatakan...

Assalamu'alaikum Bu..
Fachri Andrisan prayata
Kelas 3A
No.Absen 8
Hadir
Terima kasih 🙏

Adelia mengatakan...

Assalamualaikum
Muhammad dzaky almair
Kelas 3a
Absen 17
Hadir

Loqman Hadi Susda mengatakan...

Asalamualaikum WrWb
Almira Eziza Susda
Kelas 3A
No Absen 4
Hadir...

ARMI mengatakan...

Assalamualaikum
M. Raza Ramadhan
Kelas 3A
No àbsen 20
Hadir bu

Unknown mengatakan...

Assallamuallaikum bu
Khayran aldiano
No Absen 14
Hadir

Posting Komentar