RSS

TEMA 8 SUBTEMA 1 (ATURAN KESELAMATAN DI RUMAH)


MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : II
Tema               : VIII / Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Subtema          : I / Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran   : 6

Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.

Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,  perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks permintaan  maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan tanggungjawab.
2. Dengan penugasan, siswa dapat mendemonstrasikan  isi teks permintaan maaf dalam  menjaga kerukunan hidupdalam keluarga dengan bahasa yang santun.
3. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku dalam  kehidupan sehari-hari di rumahdengan bahasa yang santun.
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membiasakan diri melaksanakan aturan di lingkungan keluarga dengan jujur.
5. Dengan menggunakan salah satu alat musik ritmis, siswadapat mengidentifikasi pola irama rata dengan alat music ritmis dengan teliti.
6. Dengan diiringi alat musik ritmis, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata yang bermakna dengan tanggung jawab.
7. Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh jam dengan menggunakan satuan waktu (jam, menit) dengan teliti.
8. Dengan penugasan, siswa dapat menyelesaikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu dengan tanggung jawab.
9. Dengan penugasan, siswa dapat memeriksa kebenaran pemecahan masalah yang berkaitan dengan waktu secara teliti.

Materi Pembelajaran
Bacalah kalimat-kalimat tanya berikut dengan nyaring!
1. Naik apa tadi ke sini?
2. Siapa saja yang diundang Udin?
3. Pukul berapa acaranya dimulai?
4. Di mana ibu guru, ya?
5. Bagaimana kalau sambil menunggu kita minum  saja dulu?  
Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya. Tentu kamu masih ingat dengan kalimat tanya,
bukan?
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu.


Udin dan teman-teman berdoa bersama sebelum minum. Berdoa merupakan salah satu contoh perwujudan menjalankan ibadah. Mereka berdoa sesuai ajaran agama masing-masing.
Mereka tidak saling memaksakan kehendak. Udin dan teman-teman menunjukkan sikap hidup rukun. Sikap hidup rukun merupakan wujud persatuan dalam keragaman.


Ada bilangan 1 sampai dengan 12, bukan?
Sehari semalam ada 24 jam.
Jadi dalam sehari, jam berputar penuh sebanyak 2 kali.
Setelah pukul 12.00 siang, penulisan waktu tidak kembali ke pukul 01.00. Penulisan diteruskan ke pukul 13.00 hingga pukul 24.00. Pukul 24.00 sama dengan pukul 12 malam.







TUGAS!

Tulislah kalimat tanya berdasarkan gambar yang kamu amati!
1.    Apa ...........................................................................
2.    Siapa ........................................................................
3.    

4.    


5.    



0 komentar:

Posting Komentar