RSS

TEMA 7 SUB TEMA 1 (KEBERSAMAAN)

Hari/ tanggal : Selasa / 3 MARET 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 1 (Kebersamaan di rumah)
Pembelajaran : 3

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar kegiatan silaturahmi di rumah Siti, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan di rumah. 
2. Dengan mengisi tabel warna kesukaan, siswa dapat membedakan warna kesukaan dengan cermat. 
3. Dengan kegiatan pengamatan, siswa dapat membuat dafar hasil pengamatan tentang warna kesukaan siswa dengan cermat. 
4. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan sikap terhadap teman yang memiliki karakteristik berbeda dengan jujur. 
5. Dengan kegiatan menceritakan kembali dongeng, siswa dapat menemukan isi dongeng. 
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan pecahan dengan cermat. 
7. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat menemukan konsep pecahan dengan tepat. 
8. Dengan melakukan kegiatan Ayo Berlatih, siswa dapat menentukan pecahan . 
9. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menemukan konsep pecahan dengan cermat. 



Pernahkah kalian memotong sebuah kue? kue ulang tahun misal. Pernah terpikir tidak bahwa sebenarnya ketika kalian memotong kue tersebut sebenarnya kalian telah mempraktekan ilmu bilangan pecahan ini? Yap… Bilangan pecahan ini tak lain tak bukan sebenarnya sama saja kita sedang belajar bagaimana cara membagi-bagikan sesuatu dengan baik dan benar pas sesuai keinginan. Untuk itu, mari kita pelajari rumus bilangan pecahan ini dengan seksama.

Pengertian Bilangan Pecahan

Istilah bilangan pecahan dalam ilmu matematika terdiri dari pembilang dan penyebut. Pada hakikatnya, bilangan pecahan ini digunakan untuk bagaimana cara menyederhanakan pembilang dan penyebut, karena penyederhanaan pembilang dan penyebut ini dapat memudahkan proses operasi aritmatika sehingga tidak menghasilkan angka yang terlalu besar namun tetap memiliki nilai yang sama.
“Pengertian sederhananya, bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari Pembilang yang terdiri dari bilangan-bilang bulat dan penyebut yang terdiri dari bilangan-bilangan asli.”
Contoh : Bilangan 1/2, 1/3 dan 1/4.


1/2 dibaca setengah, 1 adalah pembilang dan 2 adalah penyebut
1/3 dibaca sepertiga 1 adalah pembilang dan 3 adalah penyebut


0 komentar:

Posting Komentar